Pengertian Internet
Marketing
Internet marketing merupakan segala bentuk usaha untuk memasarkan brand, broduk atau jasa melalui media digital yang terhubung dengan internet. Secara sederhana, internet marketing dapat diartikan sebagai usaha pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet. Menurut Chaffey dan Smith, Istilah internet marketing lebih mengacu pada perspektif tentang bagaimana internet dapat digunakan secara bersama-sama dengan media tradisional untuk memberikan layanan kepada pelanggan dengan cara meningkatkan efisiensi fungsi pemasaran dan mengubah strategi pemasaran.
Perbedaan Traditional
Marketing dan Internet Marketing
Munculnya internet
marketing ini menyebabkan perubahan pada aktivitas perdagangan tradisional
dari non-electronic menjadi electronic platform. Dalam perdagangan
tradisional atau traditional marketing,
lalu lintas informasi, produk atau jasa, dan pembayaran bersifat fisik dengan
model bisnisnya yaitu geographic business
model. Sedangkan dalam internet
marketing, lalu lintas informasi produk, komunikasi antara produsen dan
konsumen, distribusi produk atau jasa, dan proses transaksi berlangsung melalui
internet. Berikut ini merupakan
perbedaan pendekatan antara traditional
marketing dan internet marketing :
a. Saluran
Distribusi
1)
Traditional
Marketing
Saluran
distribusi pada traditional marketing
berupa penyiaran dan media cetak.
2)
Internet
Marketing
Saluran distribusi pada internet marketing melalui internet sehingga pelanggan lebih aktif dan menjadi katalisator untuk apa yang terlihat di layar monitor.
b. Strategi
Pasar dan Contoh Produk
1)
Traditional
Marketing
Traditional marketing memiliki target
barang. Contoh produk pada traditional
marketing antara lain makanan, otomotif, dan produk-produk rumah tangga.
2)
Internet
Marketing
Target dari internet marketing ini adalah audience. Jenis produk yang dijual
kebanyakan seperti jasa dan semua tipe informasi produk.
c. Teknologi
1)
Traditional
Marketing
Teknologi yang
digunakan yaitu berupa storyboard dan
desktop publishing.
2)
Internet
Marketing
Teknologi yang
digunakan yaitu information servers,
client browser, buletting board, serta agen-agen software.
d. Authors of Marketing Material
1)
Traditional
Marketing
Authors of marketing material nya adalah
agen-agen.
2)
Internet
Marketing
Authors of marketing material nya adalah
perusahaan dan pelanggan.
e. Hasil
yang Diharapkan
1)
Traditional
Marketing
Hasil yang diharapkan untuk kesuksesan dalam pengimplementasian adalah volume penjualan.
2)
Internet
Marketing
Hasil yang diharapkan untuk kesuksesan pengimplementasiannya adalah tanggal untuk analisis, hubungan dengan pelanggan, ide produk baru, serta volume penjualan.
Teknik Internet Marketing Paling Baik
Melalui media internet sebuah perusahaan dapat mempromosikan
produknya hingga menjangkau pasar internasional. Selain itu, perusahaan juga
dapat memberikan layanan informasi mengenai perusahaan dan fungsi penjualan. Terdapat
banyak teknik internet marketing yang
biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun UKM. Beberapa macam teknik internet marketing antara lain yaitu,
website, media sosial, online advertising,
pay per click campaigns (PPC), promotion
email, search engine optimization (SEO).
Salah satu teknik yang paling relevan dari internet marketing adalah SEO. Teknik
ini mewakili lebih dari 70% aktifitas di internet. Google dan Yahoo memiliki
statistik lalu lintas internet yang paling banyak digunakan dengan mesin
pencarinya sejak tahun 2000-an. Dengan demikian, pemberian kata kunci yang
tepat untuk bisnis yang diiklankan di internet sangat memungkinkan bisnis tersebut
ditampikan pada posisi pertama pada saat pengguna mencari informasi bisnis yang
hampir sama dengan bisnis tersebut.
Menurut data survei yang dikumpulkan oleh Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2014, mayoritas
internet di Indonesia digunakan pada sektor perdagangan dan jasa. Sektor
perdagangan mendapatkan presentasi penggunaan internet sebesar 31.5% dan sektor
jasa sebesar 26.1%. Kemudian dari total seluruh pengguna internet di Indonesia,
87% masyarakat Indonesia mengakses internet untuk jejaring sosial, selebihnya
untuk mencari informasi, instant
messaging, dan mencari berita terbaru. Selain itu, berdasarkan tujuh lokasi
penjualan online, jejaring sosial adalah tempat yang
paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia yaitu sebesar 64,9%.
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial merupakan teknik internet marketing yang paling baik dan paling banyak digunakan untuk saat ini, kemudian diikuti oleh SEO dan Website.
Jenis Marketing pada Perusahaan
Marketing atau
pemasaran merupakan hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Karena jika
tidak melakukan pemasaran, maka masyarakat tidak akan tahu tentang produk yang
dijual oleh sebuah perusahaan. Terdapat dua jenis marketing saat ini yaitu traditional
marketing dan internet marketing.
Traditional marketing adalah
pemasaran secara tradisional seperti pemasaran melalui media cetak, billboard, iklan radio dan televisi.
Sedangkan internet marketing adalah
pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media digital yang terhubung dengan
internet seperti melalui website, email, media sosial dan lain sebagainya.
Hadirnya konsep internet
marketing ini membuat perusahaan-perusahaan mulai beralih dari traditional marketing ke internet marketing. Namun hal ini juga
tergantung pada target pasar yang ingin dicapai, apakah itu dari kalangan muda
penguna internet, atau dari kalangan lansia yang lebih suka membaca media
massa. Konsep internet marketing
sangat disukai oleh perusahaan karena banyaknya kelebihan yang diberikan oleh
konsep ini. Namun, jika dengan menggunakan konsep internet marketing tidak bisa mencapai target pasarnya, maka
pilihan untuk menggunakan traditional
marketing adalah yang paling tepat. Salah satu contoh perusahaan yang
sukses menggunakan konsep internet
marketing adalah perusahaan Pocari Sweat.
Di Indonesia, perusahaan-perusahaan juga sudah banyak yang
menggunakan konsep internet marketing,
seperti PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Astra International Tbk, TCASH
Indonesia, dan masih banyak lagi. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut belum
sepenuhnya meninggalkan konsep traditional
marketing.
Dampak Sosial Internet Marketing dalam Masyarakat
Dampak
Positif
Pemasaran melalui internet atau internet marketing dipandang
baik hampir oleh semua orang terutama dari kalangan muda. Bagi konsumen, adanya
internet marketing memberikan beberapa kemudahan antara lain cepat dan praktis.
Konsumen dapat lebih bebas memilih produk yang ingin dibelinya dari berbagai
produsen yang memasarkan produknya melalui iklan di internet. Selain itu,
konsumen juga bisa memilih produk dengan harga yang paling murah. Dari segi
waktu, konsumen dapat menghemat waktu karena tidak perlu pergi ke berbagai toko
secara offline yang tentu saja akan membutuhkan banyak waktu. Sementara ketika
berbelanja melalui internet, maka konsumen dapat berbelanja dari berbagai
tempat bahkan dari luar negri.
Bagi produsen atau perusahaan, internet marketing juga
memberikan dampak positif seperti mudahnya memasang berbagai iklan di internet
dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan beriklan seperti yang
dilakukan pada traditional marketing. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan
perusahaan untuk memasang iklan dapat dikurangi. Terutama untuk UKM yang memiliki
sedikit modal, internet marketing merupakan teknik pemasaran yang sangat baik. Beriklan
melalui internet ini dapat dilakukan di berbagai platform seperti yang banyak
dilakukan saat ini adalah melalui media sosial. Selain itu, dengan adanya
internet marketing ini, perusahaan juga dapat memasarkan produknya hingga ke
pasar internasional. Sehingga lebih memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan
keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan pemasaran melalui
traditional marketing.
Dampak
Negatif
Apabila ada dampak positif, maka tentu saja akan ada dampak
negatif. Fenomena internet marketing yang sedang hangat saat ini memberikan
beberapa dampak negatif terhadap masyarakat, seperti : masyarakat cenderung
lebih suka berbelanja melalui internet sehingga jenis Usaha-usaha (UKM) yang
belum memasarkan produknya melalui internet akan tertinggal dan tidak laku.
Internet marketing menyebabkan komunikasi langsung antar manusia tidak terjadi
karena produsen dan konsumen hanya berkomunikasi melalui internet. Kemudian
dampak yang paling parah adalah banyak terjadinya penipuan-penipuan yang
dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan berpura-pura
berjualan melalui internet, kemudian ketika konsumen telah mengirimkan uang
maka mereka akan kabur dan menghilangkan jejak. Selain itu, para cyber juga
sering menyadap kartu ATM para konsumen dengan berbagai modus. Kemudian mereka
akan mengambil semua uang dari ATM tersebut. Dampak-dampak tersebut sangat
merugikan terutama dari kalangan konsumen.
1 Komentar
ini salah satu tren yang sedang berkembang saat ini. banyak orang memulai melakukan kegiatan digital marketing, baik melalui media sosial, website dan sebagainya
BalasHapus